Home / School Development Plan

SMKBPN School Development Plan 2019

2018-03-20 23:21:11













         Jabaran UUD 1945 tentang pendidikan dituangkan dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

         Dalam upaya pencapaian tujuan Pendidikan Nasional tersebut dan sejalan dengan dicanangkannya program Pendidikan Menengah Universal (PMU) yang bertujuan untuk mencapai angka partisipasi kasar (APK) pendidikan menengah sebesar 97 % pada tahun 2020, dan untuk mengurangi disparitas APK antar Kabupaten/Kota, serta untuk menguatkan pendidikan kejuruan, maka pada tahun 2014 melalui Direktorat Pembinaan SMK dikembangkan SMK Rujukan  yang akan menjadi rujukan bagi SMK disekitarnya dalam mempercepat terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan (SNP).

         SMK Bina Putera Nusantara sebagai salah satu sekolah swasta yang berada di Kota Tasikmalaya berharap dapat menjadi salah satu sekolah rujukan, mengingat berdasarkan hasil kajian dan analisis internal sekolah kami yakin dapat menjalankan tugas sebagai sekolah rujukan bagi sekolah sekolah yang ada dan sekolah kami terbiasa mengadakan ujian kompentensi dengan menggandeng sekolah lain yang ada di wilayah.

         Sebagai gambaran awal, sekolah kami berdiri sejak tahun 2004 dan sejak tahun 2007 telah mengadakan uji kompetensi dengan institusi pasangan Pusat Pendidikan dan Latihan Tenaga Kesehatan (Pusdiklatnakes) PPSDM Kesehatan Kementrian Kesehatan sehingga lulusan kami mendapatkan sertifikat untuk digunakan dalam pembuatan Surat Izin Asisten Apoteker (SIAA) / Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK). Pelaksanaan Ujian Tersebut senantiasa digabungi oleh sekolah-sekolah yang mempunyai jurusan / program keahlian sejenis yaitu Farmasi. Pada saat ini sekolah kami pun di tunjuk oleh LSP TPCC (Telkom Professional Certification Center) sebagai salah satu Tempat Uji Kompetensi tenaga Tehnik Instalasi Fiber Optik, yang dapat digunakan untuk sertifikasi siswa ataupun karyawan PT. Telkom Indonesia.

PROGRAM KEGIATAN INDIKATOR DAN TARGET  YANG INGIN DICAPAI
A Organisasi Sekolah
1.      Mereview penyusunan Struktur Organisasi dan Tata Kelola  (SOTK) Sekolah
  • a. Tersusunnya SOTK sekolah
  • b. Adanya evaluasi tentang efektifitas SOTK sekolah setiap tahun berjalan    
2.      Penyusunan matrik dan uraian jabatan
  • a. Tersusunnya matrik dan uraian jabatan yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • b. Adanya evaluasi/pengukuran terhadap matrik dan uraian jabatan yang disusun dan dilaksanakan      
3.   Mereview penyusunan tata tertib sekolah untuk guru, karyawan dan siswa ·        
  • Adanya tata tertib sekolah untuk guru, karyawan dan siswa
  • Adanya evaluasi tentang efektifitas tata tertib sekolah setiap tahun berjalan    
4.      Mengoptimalkan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Sekolah menerapkan standar manajemen internasional yang efektif yang ditandai dengan:

  • Tersusunnya semua dokumen mutu (Pedoman mutu, POS dan IK)
  • Terpeliharanya semua jenis rekaman
  • Terselenggranya proses audit internal minimal 1 kali dalam setahun
  • Terselenggaranya rapat tinjauan manajemen
  • Meningkatnya kualifikasi auditor internal
  • Adanya pengembangan e-document
  • Adanya evaluasi dan pengkuran yang dilaksanakan secara rutin    
5.      Peningkatan mutu sekolah dengan kegiatan :
  • menyusun kebijakan mutu, sasaran mutu, implementasi program, dan pengukuran kebijakan mutu dan sasaran mutu.
  • Adanya peningkatan mutu sekolah
  • Tersusunnya kebijakan mutu setiap tahun pelajaran
  • Tersusunnya sasaran mutu setiap tahun pelajaran
  • Adanya pengukuran atas kebijakan mutu tahun berjalan     
  • Papperless Based Test
  • Terbentuknya pembelajaran "Teaching Factory"
6.      Mempersiapkan Akreditasi untuk tiap kompetensi keahlian
  • Terpeliharanya semua rekaman yang berkaitan dengan komponen akreditasi
  • Diperolehnya nilai A untuk setiap kompetensi keahlian  

B. Administrasi Sekolah
1.      Melaksanakan dan meningkatkan penataan Administrasi Pegawai Administrasi kepegawaian dilaksanakan dengan baik yang dibuktikan dengan :
  • Adanya dokumen kepegawaian yang selalu diperbaharui seperti DSO, SKP, PKG, PKKS, PKB.
  • Terpeliharanya rekaman administrasi kepegawaian seperti DSO, SKP, PKG, PKKS, PKB secara online
  • Terselenggaranya updating dokumen kepegawaian secara online      
2.      Melaksanakan Administrasi Kesiswaan
  • Adanya database data diri siswa beserta wali secara lengkap yang dapat diakses dan diperbaharui secara online
  • Adanya database administrasi kesiswaan yang terintegrasi    
3.      Melaksanakan Administrasi Keuangan
  • Terselanggaranya pengadministrasian keuangan secara lengkap untuk setiap pembelian dan kegiatan (Pelaporan dan SPJ)  

C. Sumber Daya Manusia
1.      Melakukan Analisis kebutuhan PTK
  • Adanya analisis kebutuhan yang diupdate setiap tahun
  • Adanya telaah peraturan perundang-undangan dalam menentukan kebutuhan PTK    
2.      Membuat peta kompetensi guru dan pegawai
  • Adanya analisis jabatan dan kompetensi guru dan pegawai
  • Adanya peta kompetensi guru dan pegawai yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku    
3.      Peningkatan etos kerja guru dan pegawai dengan Memberlakukan system reward and punishment,
  • Optimalisasi pembinaan kepegawaian
  • Etos kerja guru dan pegawai meningkat    
4.      Peningkatan kualifikasi guru dan pegawai dengan kegiatan:
  • Penyelenggaraan IHT
  • Mengikutsertakan guru dan pegawai dalam diklat
  • Menggalang kemitraan dengan institusi pasangan.
  • Kualifikasi guru dan pegawai meningkat    
5.      Program supervisi guru dan pegawai:
  • Melaksanakan program pendampingan oleh guru senior kepada guru yunior
  • Terselenggranya program supervise secara berkesinambungan dengan direlevansikan melalui program PKG, PKB
  • Program supervisi guru dan pegawai berjalan dengan baik dan efektif    
6.      Program studi banding
  • Terselenggranya kunjungan industry dan program magang bagi guru dan pegawai
  • Terselenggaranya studi banding ke SMK yang lebih maju  

D. Manajemen Fasilitas dan Lingkungan
1.      Mengefektifkan program Pengadaan sarana dan prasarana:
  • Pembentukan tim pengadaan sarpras
  • Melakukan penyusunan analisis kebutuhan sarpras
  • Melakukan pembelian sarpras 
  • Melaksanakan inventarisir sarpras
  • Adanya Tim pengadaan yang memiliki sertifikat pengadaan
  • Adanya analisis kebutuhan barang oleh setiap unit kerja
  • Melaksanakan mekanisme e-purchasing dalam setiap pengadaan barang
  • Adanya database inventarisasi sarana prasarana secara komputerisasi/e-catalog    
2.      Menyusun dan melaksanakan program Pemeliharaan lingkungan, sarana dan prasarana
  • Adanya program sekolah adiwiyata
  • Adanya program pemeliharaan sarana prasarana di setiap unit kerja 
3.     Program pengembangan sarana yang terencana

E. Manajemen Kesiswaan
1.      Optimalisasi PPDB
  • Terselenggaranya PPDB Online    
2.      Optimalisasi Pembinaan Kesiswaan
  • Efektivitas tata tertib sekolah
  • Revitalisasi system pembinaan siswa yang melibatkan seluruh stakeholder sekolah
  • Adanya komunikasi yang semakin mudah dan online antara sekolah dengan orang tua    
3.      Kegiatan Ekstrakurikuler
  • Optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler yang sudah ada
  • Menciptakan ekstrakurikuler baru yang nantinya menjadi kekhasan SMK Bina Putera Nusantara Kota Tasikmalaya (misalnya ekskul kejuruan)  

F. Pemberdayaan Masyarakat
1.      Pemberdayaan Masyarakat
  • Adanya jaringan komunikasi yang baik antara sekolah dengan masyarakat
  • Membentuk pelatihan-pelatihan yang melibatkan masyarakat sebagai peserta    
2.      Optimalisasi peran dan fungsi Komite Sekolah
  • Terbentuknya komite sekolah yang akuntabel
  • Optimalisasi peran dan fungsi komite sekolah sebagai lembaga penyokong program sekolah  

G.  Manajemen Strategik
1.    Mereview dan menganalisis Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
  • Adanya Visi, Misi dan Tujuan Sekolah sesuai dengan perkembangan jaman    
2.    Menyusun dan melaksanakan Program Kerja Sekolah
  • Adanya Program Kerja Kepala Sekolah, Wakasek,, Ketua Kompetensi Keahlian    


Alumni Testimony


Alhamdulillah bisa menjadi bagian dari SMK BPN,

Dani Ramdani
Kota Tasikmalaya

mantaaap. BPN makin beda

Gunawan Azhar
Tasikmalaya

Maju terus smk bpn Bangga bisa menjadi bagian dari mu

Hesti Sariani
Tasikmalaya

Contact us


Contact Info

Jl Sukarindik No 63 A, Kel. Panyingkiran, Kec. Indihiang Kota Tasikmalaya

smkbpntasikmalaya@yahoo.co.id

+62-265-346079

+62-265-346079

SMK BPN On Map