SMKBPN School Development Plan 2019
2018-03-20 23:21:11
Jabaran UUD 1945 tentang pendidikan dituangkan
dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan, “Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.
Dalam upaya
pencapaian tujuan Pendidikan Nasional tersebut dan sejalan dengan
dicanangkannya program Pendidikan Menengah Universal (PMU) yang bertujuan untuk
mencapai angka partisipasi kasar (APK) pendidikan menengah sebesar 97 % pada
tahun 2020, dan untuk mengurangi disparitas APK antar Kabupaten/Kota, serta
untuk menguatkan pendidikan kejuruan, maka pada tahun 2014 melalui Direktorat
Pembinaan SMK dikembangkan SMK Rujukan
yang akan menjadi rujukan bagi SMK disekitarnya dalam mempercepat
terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan (SNP).
SMK Bina
Putera Nusantara sebagai salah satu sekolah swasta yang berada di Kota
Tasikmalaya berharap dapat menjadi salah satu sekolah rujukan, mengingat
berdasarkan hasil kajian dan analisis internal sekolah kami yakin dapat
menjalankan tugas sebagai sekolah rujukan bagi sekolah sekolah yang ada dan
sekolah kami terbiasa mengadakan ujian kompentensi dengan menggandeng sekolah
lain yang ada di wilayah.
Sebagai
gambaran awal, sekolah kami berdiri sejak tahun 2004 dan sejak tahun 2007 telah
mengadakan uji kompetensi dengan institusi pasangan Pusat Pendidikan dan
Latihan Tenaga Kesehatan (Pusdiklatnakes) PPSDM Kesehatan Kementrian Kesehatan
sehingga lulusan kami mendapatkan sertifikat untuk digunakan dalam pembuatan
Surat Izin Asisten Apoteker (SIAA) / Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis
Kefarmasian (STRTTK). Pelaksanaan Ujian Tersebut senantiasa digabungi oleh
sekolah-sekolah yang mempunyai jurusan / program keahlian sejenis yaitu
Farmasi.
Pada saat ini
sekolah kami pun di tunjuk oleh LSP TPCC (Telkom Professional Certification
Center) sebagai salah satu Tempat Uji Kompetensi tenaga Tehnik Instalasi Fiber
Optik, yang dapat digunakan untuk sertifikasi siswa ataupun karyawan PT. Telkom
Indonesia.
PROGRAM KEGIATAN
INDIKATOR DAN TARGET
YANG INGIN DICAPAI
A
Organisasi Sekolah
1.
Mereview penyusunan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) Sekolah
- a. Tersusunnya SOTK sekolah
- b. Adanya evaluasi tentang efektifitas SOTK sekolah setiap
tahun berjalan
2.
Penyusunan matrik dan uraian jabatan
- a. Tersusunnya matrik dan uraian jabatan yang disesuaikan
dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
- b. Adanya evaluasi/pengukuran terhadap matrik dan uraian
jabatan yang disusun dan dilaksanakan
3. Mereview penyusunan tata tertib sekolah untuk guru, karyawan
dan siswa
·
Adanya tata tertib sekolah untuk guru, karyawan dan siswa
Adanya evaluasi tentang efektifitas tata tertib sekolah
setiap tahun berjalan
4.
Mengoptimalkan Implementasi Sistem Manajemen Mutu
Sekolah menerapkan standar manajemen
internasional yang efektif yang ditandai dengan:
Tersusunnya semua dokumen mutu (Pedoman mutu, POS dan IK)
Terpeliharanya semua jenis rekaman
Terselenggranya proses audit internal minimal 1 kali dalam
setahun
Terselenggaranya rapat tinjauan manajemen
Meningkatnya kualifikasi auditor internal
Adanya pengembangan e-document
Adanya evaluasi dan pengkuran yang dilaksanakan secara rutin
5.
Peningkatan mutu sekolah dengan kegiatan :
menyusun
kebijakan mutu, sasaran mutu, implementasi program, dan pengukuran kebijakan
mutu dan sasaran mutu.
Adanya peningkatan mutu sekolah
Tersusunnya kebijakan mutu setiap tahun pelajaran
Tersusunnya sasaran mutu setiap tahun pelajaran
Adanya pengukuran atas kebijakan mutu tahun berjalan
Papperless Based Test
Terbentuknya pembelajaran "Teaching Factory"
6.
Mempersiapkan Akreditasi untuk tiap kompetensi keahlian
B. Administrasi Sekolah
1.
Melaksanakan dan
meningkatkan penataan Administrasi Pegawai
Administrasi kepegawaian dilaksanakan
dengan baik yang dibuktikan dengan :
Adanya dokumen kepegawaian yang selalu diperbaharui seperti
DSO, SKP, PKG, PKKS, PKB.
Terpeliharanya rekaman administrasi kepegawaian seperti DSO,
SKP, PKG, PKKS, PKB secara online
Terselenggaranya updating dokumen kepegawaian secara online
2.
Melaksanakan Administrasi Kesiswaan
3.
Melaksanakan Administrasi Keuangan
C. Sumber Daya Manusia
1.
Melakukan Analisis kebutuhan PTK
2.
Membuat peta kompetensi guru dan pegawai
3.
Peningkatan etos kerja guru dan pegawai dengan Memberlakukan
system reward and punishment,
4. Peningkatan
kualifikasi guru dan pegawai dengan kegiatan:
Penyelenggaraan IHT
Mengikutsertakan guru dan pegawai dalam diklat
Menggalang kemitraan dengan institusi pasangan.
Kualifikasi guru dan pegawai meningkat
5. Program
supervisi guru dan pegawai:
Melaksanakan program pendampingan oleh guru senior kepada
guru yunior
Terselenggranya program supervise secara berkesinambungan
dengan direlevansikan melalui program PKG, PKB
Program supervisi guru dan pegawai berjalan dengan baik dan
efektif
6. Program
studi banding
D. Manajemen Fasilitas dan Lingkungan
1.
Mengefektifkan program Pengadaan sarana dan prasarana:
Pembentukan
tim pengadaan sarpras
Melakukan
penyusunan analisis kebutuhan sarpras
Melakukan
pembelian sarpras
Melaksanakan
inventarisir sarpras
Adanya Tim pengadaan yang memiliki sertifikat pengadaan
Adanya analisis kebutuhan barang oleh setiap unit kerja
Melaksanakan mekanisme e-purchasing
dalam setiap pengadaan barang
Adanya database inventarisasi sarana prasarana secara
komputerisasi/e-catalog
2.
Menyusun dan melaksanakan program Pemeliharaan lingkungan,
sarana dan prasarana
3. Program pengembangan sarana yang terencana
E. Manajemen Kesiswaan
1.
Optimalisasi PPDB
2.
Optimalisasi Pembinaan Kesiswaan
Efektivitas tata tertib sekolah
Revitalisasi system pembinaan siswa yang melibatkan seluruh
stakeholder sekolah
Adanya komunikasi yang semakin mudah dan online antara
sekolah dengan orang tua
3.
Kegiatan Ekstrakurikuler
F. Pemberdayaan Masyarakat
1.
Pemberdayaan Masyarakat
2.
Optimalisasi peran dan fungsi Komite Sekolah
G. Manajemen Strategik
1.
Mereview dan menganalisis Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
2.
Menyusun dan melaksanakan Program Kerja Sekolah